h1

TipS…..

Gunakan Saringan Bahan Bakar Asli

UNTUK mesin mobil yang masih dilengkapi dengan karburator, minimal setiap 20.000 km saringan bahan bakar (bensin) harus selalu diganti. Kalaupun hanya dibersihkan, bisa dilakukan dengan cara meniupkan udara bertekanan ke lubang keluarnya.
Sementara itu, untuk mesin mobil yang telah dilengkapi sistem injeksi, saringan bahan bakar harus diganti, minimal setiap 40.000 km. Namun pada sistem injeksi, pembersihan saringan bahan bakar itu tidak dianjurkan karena akan berakiibat fatal. Berikut ini informasi yang perlu anda ketahui tentang saringan bahan bakar.

Selama ini, bahan bakar (bensin atau solar) dari tangki bisa saja mengandung kotoran, debu maupun air. Kotoran atau air ini bila terbawa masuk ke dalam karburator/injektor akan menimbulkan penyumbatan sehingga kinerja mesin bisa tersendat-sendat dan bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Nah, di sinilah diperlukan saringan bahan bakar yang bertugas memisahkan kotoran dan bensin/solar sehingga penyumbatan pada karburator atau pompa injektor dapat dicegah. Karena mengingat jangka waktu/umur pakai sebuah saringan bahan bakar cukup panjang, dianjurkan untuk menggunakan saringan bahan bakar yang asli, bukan yang palsu/imitasi.

Alasannya, pada saringan bahan bakar palsu, kertas saringannya seringkali mengerut sehingga menyumbat aliran bahan bakar. Bahkan sering rontakan saringan pun ikut masuk ke karburator atau pompa injektor sehingga akan merusakkannya. Belilah saringan bahan bakar yang asli biar pun harganya sedikit mahal. (rediem)***

Teknik Hidupkan Mesin Kendaraan
KARENA alasan waktu, kadang-kadang ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi yang merugikan diri sendiri. Misalnya, terburu-buru saat memanasi mesin. Meski tak langsung terasa, namun akibat jangka panjang bisa merugikan kendaraan Anda. Untuk itu simak teknik menghidupkan mesin seperti berikut ini:

Saat menghidupkan mesin jangan menekan pedal gas hingga mesin langsung meraung kencang. Efek yang ditimbulkan:

Cara ini bisa menimbulkan kerusakan pada bagian dinding silinder. Sebab saat menekan pedal gas dalam-dalam tersebut, suplai oli ke dinding boring belum maksimal.

Jika dibiarkan lama-lama goresan akan semakin dalam sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna karena oli ikut terbakar dan kompresi bisa berkurang.

Saat menghidupkan kendaraan di pagi hari tarik cuk yang tersedia. Jika tidak ada tekan dua atau tiga kali pedal gas. Setelah itu, putar kunci kontak dan saat mesin mulai hidup, lepas pedal gas hingga indikator pelumas di dasbor mati. Kalau mau memainkan pedal gas tunggu hingga 3 sampai 5 menit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: